STATUS PERKEMBANGAN VIRUS CORONA 

Uniflor Dukung Pengembangan Ekowisata Desa Detusoko Barat

Kepala desa Detusoko Barat, Ferdinandus Watu, menerima bantuan 70 unit lampu pengendali hama dari Universitas Flores (Uniflor) Ende. Ende,KP...

Kepala desa Detusoko Barat, Ferdinandus Watu, menerima bantuan 70 unit lampu pengendali hama dari Universitas Flores (Uniflor) Ende.

Ende,KP

Desa Detusoko Barat saat ini terus melakukan pembenahan diberbagai bidang, bahkan kini menjadi pilot projeck bagi desa lainnya baik Kabupaten Ende maupun diluar kabupaten Ende. Aktifitas usaha produktif masyarakat diberbagai bidang tetap berjalan walaupun diterpa badai covid 19. Lewat sentuhan manis Kades Detusoko Barat, Ferdinandua Watu, berhasil merubah wajah desa Detusoko Barat. Sektor pariwisata, pertanian, kerajinan tangan, pengembangan home stay dan juga kemasan paket wisata adat, terus menunjukan perkembangan yang signifikan. Kehadiran Bumdes Au Wula dan pendampingan digitalisasi sistim pemasaran dan label produk berdampak langsung pada peningkatan pendapatan masyarakat dan desa. Saat ini desa Detusoko Barat kembali mendapat dukungan dan bantian pengembangan ecowisata dari Universitas Flores (Uniflor). Tuju puluh (70) unit lampu Light Trap atau lampu penangkal hama diberikan Uniflor untuk mendukung program pertanian organik dan Pariwista.

Bertempat di Lepa Lio CafĂ© Kelompok dosen Universitas Flores (Uniflor) melakukan penandatanganan berita acara penyerahan 70 unit light trap kepada kelompok tani padi organic dan disaksikan oleh Pemerintah desa Detusoko Barat, Senin 27/9. 
 

Kepada media ini, kepala desa Detusoko Barat, Ferdinandus Watu, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyasar pada perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat petani. Untuk itu tidak dapat dilakukan secara instan harus dilakukan dengan pendampingan yang melibatkan petani, sehingga petani betul-betul paham terhadap tujuan program. 

"Tujuan dari program ini untuk menciptakan kondisi ekosistem yang baik untuk penanaman padi organik. Selain itu pihak pemerintah juga merasakan manfaat dari kerja kolaborasi ini, karena adanya kesinambungan antara program desa dengan kegiatan PKM. Dimana salah satu produk pertanian yang dikembangkan sebagai usaha bisnis adalah padi sawah hitam organic. Pemasangan light trap atau lampu penangkal hama dapat menjadi spot malam bagi wisatawan. Ini salah satu spot baru pariwisata yang akan terus dikembangkan guna  mendukung proggram desa ekowisata. Namun untuk mencapai kesuksesan dalam program ini, para petani perlu mendapat pendampingan teknis. Sehingga sistim kerja dan pengoperasiannya bisa berjalan dengan baik." tegas Ferdinadus Watu.


Dekan Faklutas Pertanian Unflor, Sry Wahyuni, sekaligus mewakili Universitas Flores mengatakan, penyerahan light trap ini merupakan salah satu kegiatan dalam program kemitraan masyarakat (PKM), dan didukung kemendikbudristek. Program ini dimulai pada bulan Juni 2021.  Program ini secara langsung menyasar pada kelompok tani padi organik, yang memiliki lahan di kawasan Watu Messi. 
Ligth trap digunakan untuk menghalau perkembangan hama penting tanaman padi, sehingga petani tidak lagi menggunakan pestisida. Selain itu dapat mengurangi biaya produksi karena pestisida tidak lagi di beli.


"Dari hasil pemantauan selama kurang lebih satu bulan, diketahui bahwa terdapat tujuh jenis hama penting padi yang dapat dikendalikan menggunakan light trap. Tujuh hama tersebut diantaranya, penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas), kuning (Scirpophaga inotata), merah jambu (Sesamia inferens) dan bergaris (Chilo suppressalis), walang sangit(Leptocorisa oratorius) serta ulat pelipat daun (Cnaphalocrosis medinalis) atau yang lebih dikenal dengan hama pelipat daun.  Ketujuh jenis hama tersebut merupakan hama utam padi yang dapat merusak tanaman padi, mulai dari fase vegetative hingga generative dengan tingkat kerusakan sekitar 20-70%, tergantung kondisi ekosistem pertanaman.  Tingginya kerusakan yang ditimbulkan disebabkan karena kemampuan bertelur hama dalam satu siklus hidup rata-rata mencapai 100-290 ekor atau imago. Untuk iti dari pihak kampus kami memberukan bantuan 70 unit lampu pengendali hama, sekaligus mendukung program ecowisata di desa Detusoko Barat. Nantinya para petani akan dilqkukan pendampingan sehingga program ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Selain pelaksanaan prorgram PKM,kegiatan lain yang juga berjalan dala program ini adalah penelitian partisipatif antara dosen, mahasiswa dan masyarakat." jelas Sry Wahyuni.(kp/tim)
                     
  

KOMENTAR

loading...
Nama

Berita Kesehatan,1,Hukrim,1,MILITER,1,NASIONAL,2,PEMERINTAH,2,POLITIK,5,REGIONAL,4,SERBA-SERBI,1,SEREMONIAL,2,TNI/POLRI,1,
ltr
item
Kelimutu Pos: Uniflor Dukung Pengembangan Ekowisata Desa Detusoko Barat
Uniflor Dukung Pengembangan Ekowisata Desa Detusoko Barat
https://1.bp.blogspot.com/-eSY-TnGxJ2I/YVGEfTYT6YI/AAAAAAAABjo/0CGIK2nwUmkw1Xrf9lgi-ZylIuAkRrwbACLcBGAsYHQ/w400-h185/IMG-20210927-WA0005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-eSY-TnGxJ2I/YVGEfTYT6YI/AAAAAAAABjo/0CGIK2nwUmkw1Xrf9lgi-ZylIuAkRrwbACLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h185/IMG-20210927-WA0005.jpg
Kelimutu Pos
http://www.kelimutupos.com/2021/09/uniflor-dukung-pengembangan-ekowisata.html
http://www.kelimutupos.com/
http://www.kelimutupos.com/
http://www.kelimutupos.com/2021/09/uniflor-dukung-pengembangan-ekowisata.html
true
2639846204175367790
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Repli Cancel reply Hapus By Home HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua ARTIKEL TERKAIT KATEGORI ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy