Header Ads

Ritual Pati Ka


Foto:   Para tokoh adat mosalaki onekore dan bapak ketua yayasan bersama keluarga besar sedang mengikuti proses ritus di depan tubumusu.


Rabu (4/4) YAPERTIF (Yayasan Perguruan Tinggi Flores) mengadakan upacara sebagai bentuk pengucapan syukur tanda terimakasih dan penghormatan kepada leluhur serta memohon dukungan para leluhur agar turut mendukung perkembangan Yapertif dan lembaga pendidikan Universitas Flores ke depan. Upacara ini seperti biasanya selalu dilakukan satu kali setiap tahunnya. Ritus tersebut dijalankan oleh 4 orang tokoh adat (mosalaki) Onekore yang melambangkan empat penjuru mata angin di sisi timur, barat, utara dan selatan.
 
Proses Ritual tersebut dilakukan langsung di depan tubumusu yang berada di wilayah kampus I Universitas Flores. Tujuan diadakan ritual ini selain sebagai bentuk pengucapan syukur dan terimakasih juga sebagai silahturahmi dalam memperkuat hubungan dengan para leluhur sekaligus mendoakan mereka agar terciptanya keseimbangan antara manusia dengan alam (leluhur) dan Sang Pencipta.

Sebagai Yayasan yang menaungi sebuah lembaga pendidikan Universitas Flores sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya serta norma yang berkembang di masyarakat yang diwujudkan dalam visi Universitas Flores, yaitu “Menjadi Mediator Budaya”. Dalam implementasi visi tersebut, maka nilai-nilai kearifan lokal yang ada di lingkungan alam dan masyarakat juga menjadi suatu ciri khas atau karakter yang mampu menciptakan sikap pelestarian terhadapbudaya.(Pasifikus M Meko).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.