Header Ads

5 Tempat Menjual Tulisan


Oleh:


Bagi para blogger, nge-blog bukan lagi sekadar menulis cerita kehidupan sehari-hari, karena hakekat blog kan sama dengan diary online. Apa saja yang mau kita tulis, dan dibaca orang lain, silahkan dijadikan konten blog. Sejak dulu para blogger sudah tahu tentang kegiatan menulis yang menghasilkan uang. Sejak dulu! Seperti main iklan, PTC, affiliate, review produk, sampai menjual artikel. Tapi hanya segelintir blogger saja yang konsisten melakukannya. Yang lainnya tenggelam dalam kehidupan micro blogging seperti Facebook dan Twitter. Mungkin keuntungan yang mereka raih dari Facebook (seperti menjual produk sendiri) dan Twitter (menjadi buzzer) jauh lebih besar ketimbang konsisten menulis, apalagi artikel agak 'berat'.

Dalam kategori mana kah saya? Haha. Boleh saya memilih untuk tidak menjawab?

Awal tahun lalu saya mulai rajin menulis. Saya suka membagi pemikiran saya, atau artikel re-write, atau apapun yang bermanfaat bagi orang lain. Saya pikir, sedekah itu bukan saja dilakukan dengan uang, tapi juga bisa dengan informasi bermanfaat yang dibaca orang lain melalui tulisan di blog. Sejak Februari kemarin, saya mulai mengisi konten blog ini setiap hari. Iya, setiap hari. Karena selalu ada cerita atau informasi yang ingin saya bagi kepada orang lain. Jikalau ada tulisan saya yang bermanfaat bagi orang lain, Alhamdulillah. Mari rayakan!

Bagi kalian yang gemar, atau pernah, atau sering menulis artikel, cobalah menjual tulisan kalian pada tempat-tempat yang dipercaya membayar. Tempat-tempat yang saya maksudkan itu adalah website yang membutuhkan banyak konten dimana konten tersebut tidak bisa dipenuhi oleh mereka sendiri. Mengatasinya, mereka menawarkan kepada orang lain (tidak selamanya blogger sih) untuk menjadi kontributor dengan mengirimkan artikel kepada mereka. Artikelnya harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Misalnya tema tertentu, tips tertentu, menggunakan huruf tertentu, jumlah kata, dan lain sebagainya. Ada artikel yang melewati proses proof-read, ada pula yang langsung di-publish sama mereka.

Berikut, saya merangkum 5 website yang pasti membayar jika artikel kalian diterima oleh mereka. Apa saja? Cekidot.

Basa Basi

Dari Indonesia, kenalan lah sama BasaBasi(dot)Co. Tanpa huruf M. Hehe. Situs ini menyajikan ragam artikel bermanfaat dengan berbagai tema. Tidak lupa yang berbau fiksi pun ada di sini seperti cerpen dan puisi. Opini, yang dirangkum dalam sub Hibernasi, merupakan favorit saya karena meskipun terdeskripsi sebagai tulisan ringan namun isinya padat sumadat, banyak informasi yang bermanfaat sekaligus menghibur. Jika kalian termasuk penulis yang gemar menulis cerpen, puisi, atau opini/artikel ringan, silahkan kunjungi Basa Basi.

Mojok

Hampir sama dengan Basa Basi, Mojok juga menawarkan bayaran yang lumayan buat jajan jika tulisan kalian dimuat. Silahkan kunjungi Mojok, terus mojok di sana sambil klak-klik, supaya tahu sistem kerjanya. Yang jelas, semakin rajin kalian menulis, semakin banyak peluang tulisan kalian dimuat, dan cukup banyak juga receh yang terkumpul.

Babe

Sebagai salah satu situs berita besar di Indonesia, Babe memberikan kesempatan kepada kalian untuk jadi kontributor. Di Babe, kalian harus terlebih dahulu mendaftar sebagai kontributor, lalu mengisi informasi rekening di tab pembayaran dan mengisi batas nominal uang yang ingin ditarik (dari uang yang kalian kumpulkan di Babe jika tulisan dimuat), minimal nominal batas penarikan adalah Rp. 200.000. Setelah itu baru deh diijinkan menulis di Babe. Persyaratan tulisannya cukup banyak, salah satunya artikel harus bersifat mendalam (indepth) dengan minimal 550 kata dan maksimal 800 kata. Tapi bolehlah dijajal.

Go World Travel

Umumnya website ini sama dengan yang lain. Kalian hanya perlu menulis artikel tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Kesulitan menggunakan bahasa Inggris bisa diakali dengan Google Translate. Tapi, wajib hati-hati. Jangan menerjemahkan satu paragraf utuh. Cukuplah satu dua kata saja. Bagi saya, Google Translate semacam kamus online karena kesulitan terbesar saya dalam berbahasa Inggris adalah vocabulary. Rahasia kebongkar deh.

Living Internasional

Rada mirip dengan Go World Travel, tapi sebenarnya Living Internasional punya karakteristik dalam menerima tulisan yaitu tulisan tentang kehidupan di suatu tempat. Paling bagus jika kalian menulis tentang bagaimana menghabiskan masa tua, atau masa pensiun, atau liburan panjang, di suatu tempat, dilengkapi dengan cara pergi ke sana, biaya transportasi dan transportasi lokal, biaya sewa penginapan dan/atau rumah, biaya makan, kultur setempat, kebiasaan masyarakat, dan lain sebagainya.

Lima situs di atas hanyalah sebagian kecil dari lautan situs serupa yang ada di internet. Kalian bisa coba mencarinya, siapa tahu ada situs lain yang tidak saya rangkum di sini yang justru cocok sama gaya menulis kalian.

Semoga bermanfaat.


Salam menulis!

1 komentar:

  1. Menggiurkan. Membangkitkan semangat pemuda/i nusa nipa khususnya tanah kelimutu. Sukses terus utk ibu gutu Tuteh Permantara, simo gemi atas virus semangatnya...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.